Tuesday, September 1, 2009

Bukan Salah Bunda mengandung, salah Bapak punya…..

Mendidik anak adalah pekerjaan yang melelahkan tapi berbalaoi. Tetapi harus sabar dan telaten. Tidak boleh kasar juga tidak boleh terlalu lunak. Medium… Yang penting di siplin.

Anak Kecil cenderung mengikut kebiasaan dan tingkah lalu orang tua mereka. Menjadikan orang tua sebagai contoh dan teladan. Diluar faktor genetik, anak akan lebih muda di didik dengan cara menjadikan tingkah laku dan habit orang tua sebagai contoh kongkrit. Sebab itu orang tua dalam mendidik anak di harapkan dapat menjadi seorang yang:
Ing Ngarsa Sung Tuladha
(Di depan, memberi tauladan)
Ing Madya Mangun Karsa
(Ditengah, menyumbangkan ide, prakarsa dan memberi semangat)
Tut Wuri Handayani
(Dari belakang, harus bisa memberikan dorongan dan arahan)

Jadi dengan memberi tauladan, semangat, dorongan dan arahan di harapkan seorang anak itu berkembang menjadi individu yang nantinya bukan hanya berbakti pada orang tua tetapi juga pada bangsa dan agama. Memang jalan menuju kearah itu sangat sukar dan penuh kendala. Itu sebabnya menjadi orang tua itu tidak mudah. Seperti kata orang, membuat anak itu mudah, tapi mendidiknya itu yang susah.

So, para orang tua,perbaiki diri anda sebelum anda berdiri di depan memberi tauladan dan berdiri di belakang memberi arahan. Karena semangat yang anda sumbangkan tidak akan berarti apa jika nahkodanya tidak fit.

0 comments:

Must have Blog