Sunday, December 7, 2008

ATTITUDE MULTI DIMENSI

Percaya atau tidak, tetapi kelakuan seseorang itu bukan hanya tergantung pada genetik, tetapi juga pada lingkungan. Pernah mendengar bagaimana bunglon berubah kulit ? begitulah kelakuan mahkluk hidup terutama manusia. Kelakuannya berubah tergantung pada situasi dan lingkungan. Seorang pengemis menyesuaikan diri pada keadaannya dengan berbaju compang camping dan terlihat kumuh.

Demikian pula dewan rakyat yang terpilih untuk mewakili rakyat, berdasi dan berjas untuk menunjukan kredibilitasnya atau mempermak penampilannya meski entah dari mana dia berasal sebelum menjadi Yang Berhormat anggota dewan.

Kabinet reformasi pertama masih memberi kesan mendalam dalam ingatanku. Dimana seorang residivis, mantan preman menjadi anggota DPR. Bahkan ketua DPR nya tidak lulus SMP. Namun hanya karena dia seorang orator yang baik maka dia terpilih. Adilkah?

Adil. Karena dia telah berjuang untuk partainya, maka dia berhak mendapat penghargaan dari partai dengan mengangkatnya menjadi anggota dewan.

Manusia adalah makhluk yang paling pelupa. Saat kampanye berjanji muluk-muluk, tapi begitu terpilih langsung bersikap masa bodoh. Hal ini benar-benar mendukung dan merupakan bukti otentik dari sikap dan kelakuan manusia yang mudah berubah.

0 comments:

Must have Blog