Monday, December 8, 2008

PENGARUH PENDIDIKAN GURU TERHADAP PERKEMBANGAN PENGETAHUAN MURID

Example: what time is it? It is 12.00 pm o’clock.
Where ‘s got that?

Dari seorang murid yang bersekolah di SD N di Purajaya Sumberjaya. Kenapa hal itu bisa terjadi? Intinya karena sekolah yang termasuk sekolah berstandar nasional itu tidak memiliki guru bahasa Ingris dan terpaksa harus mencari siapa saja yang bersedia untuk mengajar bahasa ingris tak perduli apa dan bagaimana kualitas pendidikan teacher to be tsb.

Hasilnya : what time is it? It is 06.00 am o’clock!

Di situasi lain, seorang guru lulusan sebuah perguruan tinggi bonafide, mengajar fisika SMA, tidak mengetahui apa definisi dari hukum kelembaman dan penjabaran hukum relativitas einstein. Kenapa? Karena dia ternyata bukan lulusan dari bidang yang diajarkannya dan karena ternyata sekolah tersebut kekurangan guru fisika. Only God knows what will happen soon.
Saat ini begitu banyak lulusan sekolah menengah yang berhonor di sebuah sekolah baik negeri atau swasta, dari tingkat dasar hingga tingkat menengah, sambil nyambi kuliah di Universitas Terbuka.

Bagaimana sih tingkat kredibilitas Universitas Terbuka sebenarnya? Seperti apakah sistem pembelajarannya? Memang perlu dipertanyakan. Tetapi yang perlu dicari jawabannya adalah apa dampaknya pada perkembangan pengetahuan murid, jika mereka bukan diajar oleh guru yang bukan ahlinya.

Hasilnya : what time it is? It is time to sleep! Good night, sleep tight, sweet dream, love you!

0 comments:

Must have Blog